26.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Kapolres Bogor Launching Desa Tangguh Lodaya

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy melakukan launchingn Desa Tangguh Lodaya di Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Rabu (17/07). Desa Gunung Putri merupakan salah satu desa yang dianggap Tangguh Lodaya, baik sosialnya, tangguh dalam bencana serta tangguh bergotong-royong. Mengingat Desa Gunung Putri merupakan salah satu desa berzona merah dengan adanya 2 orang yang positif Covid-19, namun sudah dinyatakan sembuh, dan belum lama ini Desa Gunung Putri juga mendapatkan musibah tanah longsor hingga mengakibatkan 9 rumah harus direlokasi.

AKBP Roland Ronaldy yang merupakan inisiator Desa Tangguh Lodaya menyampaikan bahwa dibentuknya Desa Tangguh Lodaya untuk membangun kedisiplinan dan kemandirian warga sekitar. “Desa Tangguh Lodaya kita utamakan dibentuk di tempat-tempat yang merupakan zona merah agar masyarakatnya lebih mandiri dan disiplin, adapun 4 faktor yang nantinya menjadi acuan dari dibentuknya Desa Tangguh Lodaya ini ialah, tangguh dan mandiri di bidang keamanan, ekonomi, kesehatan dan juga informasi,” jelas Kapolres.

Dia menambahkan, jika nantinya akan dibentuk hal serupa di desa-desa lain, dan berdirinya Desa Tangguh Lodaya ini bukan semata-mata karena adanya Covid-19 tapi akan terus dikembangkan agar desa-desa bisa lebih mandiri dan produktif dalam segala sektor.

Sementara dalam sambutannya Kepala Desa Gunung Putri, Damanhuri curhat akan musibah yang terjadi di Desa Gunung Putri namun dirinya pun sangat mengapresiasi masyarakatnya karena tangguh dan mandiri serta bergotong-royong dalam menghadapi musibah ini.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bogor Ade Yasin dan Jajarannya, Kapolres Bogor, Dandim, serta masyarakat yang sudah berupaya bersama-sama membangun desa Gunung Putri, disini saya hanya ingin menyampaikan bahwa kejadian longsor yang desa kami alami kini perlu perhatian lebih karena dari gerusan longsor tersebut hanya meninggalkan sisa 20 meter dari gas alam, yang mungkin saya perkirakan jika dibiarkan nanti akan ada kampung yang hilang di Desa Gunung Putri,” kata Kades

“Disini pun saya menunaikan janji saya kepada masyarakat bahwa akan memberikan akses untuk pertanian dan perikanan, agar masyarakat Desa Gunung Putri bisa mandiri dan tangguh dalam menghadapi situasi apapun,” jelas Damanhuri.

Senada, Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan rasa bangganya akan kinerja Kepala Desa Gunung Putri dengan semua program yang dipaparkan dan kegotong-royongan serta kemandirian yang tercipta sehingga mampu menghadapi segala persoalan tanpa harus berpangku tangan pada pemerintah.

“Ini merupakan hal yang perlu dicontoh, yang dalam masa Pandemi Covid-19 ini kemandirian seperti ini pasti sangat diperlukan, untuk Kepala Desa Gunung Putri saya apresiasi kinerjanya, apabila memang ada lahan coba untuk mandiri untuk melakukan penanaman pohon atau bertambak ikan agar hasilnya bisa digunakan sehari-hari ataupun dijual, jangan terlalu banyak mengeluh kepada pemerintah tanpa kita berupaya terlebih dahulu,” ucap Ade Yasin.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles