Soal Longsor, Kades Gunung Putri Harapkan Penindakan Segera

0
46

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Pasca longsor yang terjadi di 4 RW di Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri yang mengakibatkan 9 rumah warga harus direlokasi dan 15 KK harus meninggalkan kediamannya karena dikhawatirkan akan terjadi langsong susulan.

Kades Gunung Putri, Damanhuri saat ditemui Jurnal Bogor di ruangannya mengatakan, untuk sementara ini warganya sudah diberikan tempat tinggal sementara si kontrakan di seputar wilayah Gunung Putri yang nantinya sambil menunggu kelanjutan tindakan.

“Sudah kita lakukan tindakan untuk 9 rumah dan 15 KK yang menjadi korban longsor, kami sempat menawarkan Rusunawa yang ada di Limus Nunggal Cileungsi, namun warga menolak karena beberapa faktor, pendidikan dan mata pencaharian mengingat jarak dari Desa Gunung Putri ke Cileungsi cukup jauh,” kata Damanhuri.

Lanjutnya, sejauh ini bantuan logistik yang diberikan oleh Pemerintah Daerah cukup, mulai dari BPBD dan dari DPRD, partai dan para donatur, hanya saja pasca longsor ini perlu penyelesaian karena warga yang rumahnya sudah tidak bisa didiami harus direlokasi.

“Warga kami harus direlokasi, pihak PUPR sudah mengecek lokasi juga dari IPB yang mengecek kelabilan tanah, ini merupakan satu lempengan ada kemungkinan akan bertambah lagi bila retakan-retakan itu terus terjadi dan intensitas hujan tinggi, maka dari itu harus segera dilakukan tindakan, karena jika berlarut akan berdampak ke rumah yang lain,’ jelas Damanhuri.

Dirinya khawatir jika terlalu lama didiamkan maka Gunung Putri akan ada wilayah yang hilang apalagi lokasi longsor tersebut ada penanaman gas alam.

“Saya berharap agar segera dibantu untuk dicarikan solusi dan untuk warga kami yang berdampak agar segera direlokasi supaya mereka punya tempat tinggal lagi yang layak,” katanya.

Senada, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Achmad Fathoni yang sempat meninjau lokasi longsor mengatakan, pihaknya akan mendorong Pemkab Bogor untuk segera lakukan relokasi.

“Terkait kondisi Desa Gunung Putri saya meminta dan mendorong agar pihak Pemkab Bogor melalui DPKPP segera tangani relokasi warga, dan bersama-sama melalui Pemprov, BBWS dan PUPR pusat segera turun mengatasi longsor yang terjadi sehingga tidak merembet lebih luas, saya sendiri sudah mencoba komunikasi dengan Pemprov, BBWS, dan PUPR serta Aleg Provinsi dan Pusat,” pungkas Achmad Fathoni.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here