Minat Warga Pangkaljaya Ikuti PKBM Tinggi

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Minat warga Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung dalam mengikuti di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Ar- Rizkiyah Zhilang terbilang tinggi. Padahal PKBM dalam beberapa tahun ke belakang belum ditempatkan sesuai porsinya, namun seiring munculnya kebijakan pemerintah yang akan melayani semua anak usia sekolah yang tidak bersekolah, pendidikan kesetaraan telah menduduki posisi strategis.

“Padahal dengan pendidikan anak-anak berusia 7-21 tahun itu adalah calon pemimpin bangsa ini dan memiliki peran dan harapan yang cukup  besar bagi negeri ini,” hal ini diungkapkan Ketua pengelola PKBM  Ar- Rizkiyah Zhilang kepada Jurnal Bogor, Minggu (14/6)

Peserta didik kesetaraan yang dipilih masyarakat terutama di usia sekolah karena beberapa faktor, di antaranya proses belajar mengajar yang fleksibel.” Di PKBM yang tetap itu adalah ujian, baik ujian semester atau ujian nasional. Sementara proses belajarnya lebih fleksibel dibandingkan sekolah pada umumnya” tuturnya.

Kini warga binaan yang mengukuti kegiatan belajar di PKBM Ar- Rizkiyah Zhilang dibawah naungan Yayasan Anasarjenta antara lain paket A 120 warga binaan 50, B 50 WB sedang untuk paket C yang setara dengan SMA sebanyak 53 WB.”

Cuman bedanya kalau pendidikan pormil sudah ada ketentuannya, Nah kalau di PKBM ini tidak dibatasi, seandainya kalau ada yang mau masuk tiap hari juga kami terima,” sebutnya.

“PKBM yang sudah lama dibinanya sejak tahun 2017, tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran  di masyarakat, karena mereka juga mempunyai hak yang sama ingin belajar,”tutup Nasir.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here