DKI Sediakan Bus Gratis ke Jakarta

0

Bogor | Jurnal Inspirasi
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan fasilitas 30 unit bus gratis di Stasiun Bogor bagi warga Kota Bogor yang ingin pergi ke Jakarta untuk bekerja mulai Senin (14/6). Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa bantuan tersebut adalah bentuk respon dari permintaan Pemkot Bogor atas membludaknya penumpang commuter line pekan lalu.

“Awalnya pemkot mengusulkan ke Pemkot Bogor untuk pengaturan jam kerja karyawan. Namun pengaturan jam kerja mungkin sulit diterapkan. Maka itu adalah salah satu solusi untuk memecah penumpang commuter line,” ujar Dedie kepada wartawan, Minggu (14/6).

Menurut dia, masing-masing bus tersebut nantinya hanya berkapasitas oleh 50 persen dari jumlah keseluruhan, dan mengantar penumpang ke lima stasiun. Yakni, Tebet, Tanah Abang, Manggarai, Sudirman dan Juanda. “Waktu pemberangkatannya pukul 05.15 WIB, 05.30 WIB, 05.45 WIB, 06.00 WIB, 06.15 WIB, 06.30 WIB, 06.45  WIB, 07.00 WIB, 07.15 WIB dan 07.30 WIB. Tiap bus hanya bisa diisi 15 orang,” paparnya.

Lebih lanjut, kata Dedie, hari ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan rencananya akan berkunjung ke Stasiun Bogor. “Nah rencananya kami akan membahas soal pengaturan shift kerja pada dunia usaha dan sektor swasta di DKI,” jelasnya. Sebenarnya, kata Dedie, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020. “Tapi pada praktiknya nasih perlu dibahas secara mendalam,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here