Pandemi Covid-19, Tirta Pakuan Tetap Utamakan Pelayanan

0

>> Media Visit Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor ke Harian Jurnal Bogor

Bogor | Jurnal Inspirasi
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor termasuk institusi yang terdampak Covid-19. Dari aspek keuangan, perusahaan air bersih milik Pemkot Bogor ini turut terpukul karena perubahan pola penggunaan air di kalangan usaha dan industri. Meski demikian, Tirta Pakuan tetap mengutamakan pelayanan.

Tirta Pakuan memberikan relaksasi kepada pelanggan yang penghasilannya terganggu akibat Covid-19, walau penerimaan jumlah tagihan menurun hingga 18 persen. “Pelanggan di golongan tarif industri dan niaga seperti pabrik, hotel, restoran terjadi penurunan pemakaian air, karena penerapan WFH. Ini berdampak pada pemasukan kita,” ujar Sonny Hendarwan, Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan, saat kunjungan media (Media Visit) di Kantor Harian Jurnal Bogor, Selasa (9/6/2020).

Meski diakuinya terjadi penurunan pemasukan, Tirta Pakuan tetap berkomitmen menjaga kualitas layanan. Perusahaanpun memberikan keringanan pembayaran bagi karyawan yang terdampak langsung pandemi Covid-19. “Kami bebaskan denda pembayaran bulan Mei, Juni, Juli untuk pelanggan dari golongan tarif R1-R4. Lalu pembebasan pembayaran selama tiga bulan untuk golongan tarif Sosial seperti masjid, mushola, dan lain-lain,” kata Sonny.

Untuk mencegah penularan wabah, Tirta Pakuan menarik seluruh petugas Pembaca Meter, dan diperbantukan ke Direktorat Teknik. Penggantinya adalah sistem pwmbacaam meter mandiri yang berakhir 20 Mei lalu. “Alhamdulillah petugas pembaca meter mulai awal Juli sudah bisa kembali bertugas membaca meter di rumah-rumah pelanggan,” kata Sonny lagi.

Sementara mengenai kunjungannya, Sonny mengharapkan media massa menjadi corong untuk menyampikan informasi kepada masyarakat, khususnya mengenai upaya-upaya Tirta Pakuan, handal dalam pekerjaan dan prima dalam pelayanan. “Kami merespon apa yang diharapkan pelanggan. Namun memang ada saja dalam hal penerapan teknologi untuk mempermudah tidak semua bias dipenuhi pelanggan,” kata dia.

“Ya untuk baca meter sendiri saja belum semua mau. Ada juga pelanggan yang mengaku tidak mengerti aplikasi yang harus dipasang di hp sehingga untuk pendaftaran saja masih manual, padahal untuk mempermudah kan sudah bisa secara online,” jelas Sonny mencontohkan. Dalam kunjungan ini, Sonny didampingi Asisten Manager Humas, R. Poppi Rustanti.

Pihak Jurnal Bogor, Irwan Hasby menyambut baik kegiatan yang dilakukan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. “Kami Support secara positif dan terimakasih sudah menaruh perhatian. Kami juga terdampak Covid-19 sehingga virus ini kami harapkan cepat berlalu. Niat baik mengutamakan pelayanan terhadap pelanggan memang mesti kita dukung bersama-sama. Secara umum Tirta Pakuan telah menunjukkan dedikasinya sehingga keluhan pelanggan yang direspon cepat dan berbagai inovasi yang dilakukan telah memberikan citra positif,” tandas Hasby.

** Asep Saepudin Sayyev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here