Geram, Tidak Ada Kontribusi Akses Lokasi Wisata Situs Cibalai Ditutup Warga

0

Bogor | Jurnal Inspirasi
Dampak dari dugaan tidak adanya keterbukaan pihak pemerintahan Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor terkait pengelolaan lokasi wisata budaya Situs Cibalay dan sejumlah tempat lokasi wisata lainnya berimbas kepada ketegangan antara warga yang sudah geram dan pengelola tempat tersebut dengan menutup akses jalan secara sepihak dengan menggunakan portal dari bambu.

Penutupan akses masuk lokasi wisata ini menurut pengakuan salahsatu warga yang menjaga portal tersebut, berawal dari tidak adanya kontribusi pihak pengelola kepada warga. Menurut lelaki yang enggan disebutkan namanya itu, warga hanya menerima sisa-sisa sampah dari para pengunjung yang datang dengan tidak adanya pemasukan dana untuk warga sekitar.

“Maaf mas, jalan ke lokasi wisata kami tutup, ini atas persetujuan warga karena tidak ada kontribusi untuk warga selama ini. Jadi mau siapapun termasuk wartawan tidak boleh masuk,” ucap dia setelah menghubungi salahsatu tokoh warga melalui telepon selularnya, Rabu (10/6/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Tapos 1 Maman Nuriman membenarkan, bahwa betul jalan menuju kawasan Situs Cibalai ditutup oleh warga. Menurutnya penutupan tersebut karena hingga saat ini belum ada masyawarah kembali antara pihak masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) serta pihak Desa Tapos 1.

“Mohon dimaklum jika memang saat ini tidak bisa ke Cibalai. Saya juga berkoordinasi dengan Pak Camat Tenjolaya tentang bagaimana pengelolaan kawasan Cibalai agar tidak salah langkah dan diketahui pihak kecamatan,” ujar Maman kepada wartawan.

Handy Mehonk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here