Ratusan Warga Ciadeg Serbu Kantor Desa

0

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Ratusan warga Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, menyerbu kantor desa setempat. Sebab, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciadeg sedang melaksanakan kegiatan pembuatan akta lahir secara massal. Kepala Desa Ciadeg Wahyu Rahayu mengatakan, pembuatan akta ini terlaksana berkat kerjasama antara Pemdes Ciadeg serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.

 “Ini adalah kegitan positif, makanya kami sangat mendukungnya. Apalagi kan untuk kepentingan warga kami juga,” ujarnya.

Wahyu menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya jemput bola guna memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi. Sehingga, masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan akta di tingkat desa.

 “Saat ini, dari kuota 500 yang diberikan pihak Disdukcapil baru terselesaikan sekitar 200 lebih akta dan mudah-mudahan saja bisa selesai semuanya hari ini. Soal biaya administrasi mengacu pada aturan yang ada, kalaupun ada yang lainnya, kami serahkan kepada masyarakat. Misalnya, untuk pembelian materai atau lainnya. Memgenai syaratnya sendiri yakni hanya KTP, KK dan Buku Nikah serta Ijazah,” ungkapnya

Selama pelaksanaan kegiatan, lanjut Wahyu, mengalami sedikit kendala. Dimana, terdapat adanya perbedaan nama antara di Buku Nikah dengan KTP.  “Kendala cuma itu saja sih, karena buku nikah mereka itu kan kebanyakan yang lama, tapi semua bisa diatasi dengan menyesuaikan pada ijazah,” ujarnya.

Ia berharap, adanya kegiatan ini, warga Ciadeg bisa tertib administrasi dalam memiliki akta kelahiran. Mengingat, akta ini merupakan dokumen penting bagi anak-anak mereka untuk dipergunakan sesuai kebutuhannya sendiri suatu saat nanti.  “Kalau sudah dimilikinya akta kelahiran, kami berharap bisa jadi dasar kebutuhan sendiri bagi pemiliknya. Seperti untuk melamar kerja, mau masuk sekolah atau lainnya,” terang Wahyu.

Salah seorang warga Ciadeg yang mengikuti program kegiatan pembuatan akta masal, Sopiah mengaku senang. Mengingat, yang sebelumnya tidak memiliki akta kelahiran, sekarang anaknya bisa memiliki.

“Senang sekali pak dapat mengikuti kegiatan ini, dan saya memberi apresiasi setinggi-tingginya untuk Pemerintahan Desa Ciadeg. Semoga dengan telah dimilikinya akta bisa bermanfaat khususnya untuk kebutuhan anak saya nanti, umumnya bagi warga lain,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here