Cegah Terputusnya Jalur Penghubung, Pemdes Kalongliud Bangun TPT

0
81

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Paska longsor yang terjadi pada Januari lalu, Pemerintah Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) yang tergerus air akibat luapan Sungai Cikaniki  di jalur jembatan gantung yang jadi salah satu akses alternatif penghubung dengan Desa Batutulis.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurzaman mengatakan, dibangunnya TPT tersebut merupakan aspirasi masyarakat guna mencegah gerusan tebing semakin melebar.” Pengerjaan TPT tersebut bersumber anggaran dari sisa BLT Dana Desa Tahap 2 tahun 2020,” kata Jani, kemarin.

Ia mengatakan, anggaran Dana Desa di tahun 2020  sebesar 35% dialokasikan untuk kegiatan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa,  sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa Nomo 6 dan Surat Edaran Bupati Bogor. ” Tak hanya itu kami anggarkan juga untuk beberapa pembangunan yang berskala kecil terutama yang sifatnya urgent,” imbuhnya.

Menurut dia, pembangunan ini masuk kriteria darurat penanganan paska bencana banjir  dengan dibangunnya TPT diatas bentangan kali Cikaniki yang di atasnya berdiri satu bangunan jembatan gantung sepanjang 65 meter.” ini tanahnya habis terkikis kalau lama dibiarkan kami khawatir kondisinya bertambah parah,” kata dia.

Menurut Jani, apabila tahun ini TPT  tidak segera dilaksanakan, kemungkinan akses jalan penghubung  akan terputus padahal jalan ini salah satu akses vital bagi warga di dua desa. “Sewaktu waktu Jembatan  ini bisa roboh  karena tebing mengalami erosi sehingga kondisinya semakin parah akibat gerusan air,” pungkasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here