26.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Pemcam Cigombong Monev Penggunaan DD Desa Srogol

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cigombong, Kabupaten Bogor melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) penyaluran dan penggunaan Dana Desa (DD) tahap I tahun anggaran 2020. Untuk pelaksanaan monev ketiga itu, dilakukan di Desa Srogol sesuai jadwal dan agenda yang sudah ditentukan.

Kepala Desa Srogol, Asep Irwan Kuswara mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan monev yang dilakukan tim monev kecamatan. Dimana, dengan adanya kegiatan tersebut efektivitas pemanfaatan DD untuk pembangunan infrastuktur bisa terpantau dengan baik.  “Alhamdulillah, monitoring yang dilakukan berjalan lancar,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, pelaksanaan monev ini untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi DD. Sehingga secara keseluruhan penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan. “Pada intinya, kegiatan ini guna mengevaluasi perencanaan pembangunan desa. Dalam pelaksanaannya juga tidak ada masalah,” ungkap Asep.

Asep mengklaim, jika penyaluran dan pengunaan DD tahap I tahun anggaran 2020 ini telah direalisasikan sebagaimana rencana program prioritasnya. Antara lain, dipergunakan untuk biaya pembelian mobil siaga desa (Ambulance), pembangunan infrastruktur dan penanganan Covid-19.

 “Semua berjalan aman dan lancar, tidak ditemukan kendala selama ipelaksanaan, baik itu dari hasil monitoring serta evaluasi. Karena, kegiatan monev ini kan dibuat untuk pencegahan dari adanya dugaan penyelewengan. Karenanya, kami berharap melalui monev kinerja para perangkat desa mampu menguasai bidangnya masing-masing agar dapat menunjang semua kinerja pemerintahan,” jelasnya.

Sementara, Tim Monev Kecamatan Cigombong, Yedi mengatakan tujuan dilaksakananya monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi. Sekaligus memaksimalkan terkait pelaksanaan laporan realisasi anggaran dan penyelesaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang  tepat waktu.

 “Pada dasarnya untuk lebih meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan keuangan desa yang lebih epektif, efisien, partisipatif dan akuntabel,” paparnya.

Jika memang dalam administrasi pelaporan LPJ maupun pertangggungjawabannya ditemukan ada kekurangan, lanjut Yedi, pihaknya bakal memberi tahukan kepada desa tersebut.

 “Kami akan kasih arahan sesuai aturan jika ada kekurangan supaya mereka juga nantinya lebih memahami. Adapun untuk desa yang sudah di lakukan monev baru tiga desa, yakni Wates Jaya, Cigombong dan Srogol ini. Termasuk enam desa lainnya yang belum sudah dijadwalkan,” tukas Kasipem Kecamatan Cigombong ini.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles