Warga Positif Covid-19 Dirawat di RSUD Cibinong

0
94

Ciseeng | Jurnal Inspirasi

Tim medis Puskesmas Ciseeng bersama Dinkes Kabupaten Bogor akhirnya berhasil membujuk seorang pasien positif Covid-19 dari wilayah Kecamatan Ciseeng untuk dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 yaitu RSUD Cibinong.

Sebelumnya, pasien berjenis kelamin laki – laki berusia 21 tahun tersebut sempat menolak dirawat karena merasa ketakutan. Namun berkat pendekatan dan penjelasan dari para tenaga medis, akhirnya yang bersangkutan mau dirawat dan langsung dibawa ke RSUD Cibinong.

“Pasien dibawa tim medis menggunakan mobil ambulance dan sudah diterima pihak RSUD Cibinong untuk menjalani perawatan,” ungkap dokter Wiswandris Kepala UPT Puskesmas Cibeuteung Udik Kecamatan Ciseeng saat dikonfirmasi, Selasa (2/6).

Ia  menuturkan, pihaknya mendatangi rumah kediaman pasien guna melakukan rapid tes dan swab tes kepada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 beserta keluarganya. Wiswandris menjelaskan, ada 6 anggota keluarga yang telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis khusus rapid dan swab tes.

“Pemeriksaan berjalan lancar. Keluarga juga sudah dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri dan dipantau tim gugus tugas penanganan Covid-19,” katanya.

Masih kata dokter Wiswandris, dari interview yang dilakukan tim medis dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini, diketahui yang bersangkutan selama ini bekerja di wilayah DKI Jakarta. Meski tidak bisa dipastikan secara mutlak, namun dugaan kuat pasien terpapar Covid 19 di wilayah pandemi tersebut.

“Pemeriksaan tadi dilakukan 2 orang ahli ravid dan Swab tes, didampingi 2 orang tenaga medis lainnya dengan menggunakan APD level 3 (lengkap). Kegiatan juga didampingi gugus tugas penanganan Covid-19 dari aparatur Pemdes dan kecamatan setempat,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam laporan informasi resmi harian pada Minggu (31/5) yang dilansir Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Bogor disebutkan, bahwa telah ada penambahan seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari wilayah Kecamatan Ciseeng. Dengan adanya kasus baru tersebut, wilayah Kecamatan Ciseeng kembali ditetapkan menjadi wilayah Zona Merah penyebaran virus Corona.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here