31.1 C
Bogor
Tuesday, March 19, 2024

Buy now

spot_img

Covid-19 di Bogor ‘Kuning’, 15 Daerah di Jabar Mulai ‘New Normal’

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kasus Covid-19 di Kota Bogor pasang surut, setelah empat hari tidak ada penambahan kasus positif baru. Senin (1/6), jumlah pasien terkonfirmasi positif corona bertambah dua sehingga menjadi 113 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno mengatakan bahwa selain ada dua penambahan kasus baru, namun jumlah kasus kematian akibat Covid-19 tak bertambah, yakni 15 orang. “Jumlah pasien sembuh juga belum ada penambahan, tetap 48 orang. Sedangkan yang dirawat di rumah sakit ada 50 orang,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya.

Kendati demikian, kata Sri, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang tujuh pasien, sementara 61orang masih dalam perawatan rumah sakit. “Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 68, atau berkurang dua kasus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Sri, kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 mengalami penambahan sebanyak lima orang. “Sedangkan yang masih dalam pemantauan berjumlah 36 orang,” tandas Sri.

Sementara sebanyak 15 daerah di Jawa Barat menerapkan ‘New Normal’ atau adaptasi kebiasaan baru. Puluhan ribu personel gabungan dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan new normal yang terdiri dari Polri hingga TNI. “Total kekuatan personel ada 29 ribu,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso via pesan singkat, kemarin.

Erlangga mengatakan personel yang dikerahkan tersebut terdiri dari personel gabungan. Untuk Polri sendiri, ada 17 ribu personel. Sedangkan TNI ada 4 ribu personel. “Sementara instansi terkait seperti Satpol PP dan kesehatan ada delapan ribu,” katanya.

Pengawalan sendiri disesuaikan dengan aturan yang dikeluarkan Gubernur Jawa Barat. New normal tahap pertama sendiri, dilakukan untuk tempat ibadah. “(Untuk lokasi pengawalan) kita sesuaikan apa yang jadi kebijakan daerah,” tutur Erlangga.

Sebelumnya, pemberlakuan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Jawa Barat akan tetap dilakukan pada Senin 1 Juni 2020. Namun, penerapan new normal hanya akan dilakukan di 60 persen zona biru atau 15 daerah di Jabar. Sementara 12 daerah di zona kuning melanjutkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

n Fredy Kristianto | Asep Saepudin Sayyev |*

Daftar daerah yang masuk zona biru dan kuning
(Zona Biru diizinkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru) :

1. Kabupaten Bandung Barat
2. Kabupaten Ciamis
3. Kabupaten Cianjur
4. Kabupaten Cirebon,
5. Kabupaten Garut
6. Kabupaten Kuningan
7. Kabupaten Majalengka
8. Kabupaten Pangandaran
9. Kabupaten Purwakarta
10. Kabupaten Sumedang
11. Kabupaten Tasikmalaya
12. Kota Banjar
13. Kota Cirebon
14. Kota Sukabumi
15. Kota Tasikmalaya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles