DPRD Minta Pemkot Ubah Bentuk JPS dari Uang Menjadi Sembako

0
56
Jajaran Komisi IV saat menggelar rapat di Gedung DPRD,beberapa waktu lalu.

Bogor | Jurnal Inspirasi

Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Ence Setiawan meminta Pemkot Bogor mengubah bentuk Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga miskin baru terdampak Covid-19, yang sebelumnya berbentuk uang senilai Rp500 ribu menjadi sembako.

“Lebih baik jangan dikasih bantuan berbentuk uang karena banyak disalahgunakan. Seperti saat Lebaran lalu, banyak warga yang menggunakan dana itu untuk membeli baju, bukan dipakai untuk kebutuhan dapur,” ujar Ence pada Selasa (26/5/2020).

Menurut Ence, pemberian bantuan berupa dana akan lebih sulit dikontrol penggunaannya. “Lebih baik diberi bantuan sembako saja sebesar Rp500 ribu. Itu lebih jelas,” ucapnya.

Ence menilai bahwa perubahan bentuk bantuan perlu dilakukan mengingat budaya konsumtif masih melekat di masyarakat, kendati dalam kondisi pandemi seperti saat ini. “Kejadian saat sebelum lebaran harus dijadikan pembelajaran bagi pemkot,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota DPRD asal PKB, Jatirin. “Memang lebih baik diganti sembako. Hal itu untuk meminimalisir penyalahgunaan dana bantuan oleh si penerima,” tandasnya.

Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here