Arus Kendaraan ke Pasar Kembang dan Suryakencana Dialihkan

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengalihan arus kendaraan yang akan masuk ke kawasan Pasar Kebon Kembang dan Jalan Suryakencana. Hal itu bertujuan untuk menekan kerumunan massa yang berbelanja kebutuhan Lebaran di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Dishub, Eko Prabowo mengatakan bahwa sebanyak lima titik yang disekat untuk kendaraan, dan hanya pejalan kaki yang diperbolehkan melintas. “Ada lima petugas di tiap titik. Dan diberlakukan dari sejak pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB. Kebijakan itu akan dilakukan hingga malam takbiran,” jelasnya kepada wartawan, Senin (18/5).

Eko menyatakan bahwa untuk mengurangi kerumunan massa di pasar, Perumda PPJ harus menerapkan pembatasan operasional. “Kalau tidak ya semrawut seperti ini. Sebenarnya yang membuat ramai ini karena mereka berbelanja pakaian muter-muter. Kalau belanja bahan pokok saya rasa tidak akan seperti ini,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa pihaknya akan menutup kios-kios non pangan yang berada di dalam pasar. “Kami akan awasi sampai PSBB selesia tanggal 26 Mei.Kita akan fokus di dua titik pasar anyar dan pasar Bogor, nantinya akan ada sanksi juga jika melawan petugas PSBB,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, pihaknya melalui Kabag Hukum dan HAM tengah mempelajari surat keputusan bersama Forkopkmda, MUI dan FKUB soal kegiatan Shalat Idul Fitri. “Tunggu dalam beberapa hari ada rekomendasi jadi apakah boleh melaksanakan Shalat Idul Fitri atau tidak. Satu dua hari kedepan akan keluar hasilnya,” ungkapnya.

Dedie menyatakan, apabila berbicara PSBB, aturan terkait peribadatan tetap dilakukan di rumah. “Ya, tapi sekali lagi akan dikaji dulu. Sebelum Lebaran sudah ada putusannya,” tandasnya.

Dedie menambahkan bahwa pihaknya juga menutup sepenuhnya perlintasan rel kereta yang menghubungkan antara Jalan MA. Salmun dengan Dewi Sartika hingga Lebaran selesai.

n Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here