29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Bantarkaret Laksanakan Program PKT

>> Pemdes Bangun Juga Jalan Desa dengan Hotmix

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung telah menjalankan program Padat Karya Tunai (PKT),  program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengurangi angka kemiskinan desa. Program PKT digagas pemerintah agar pembangunan fisik dari dana desa juga dapat menyentuh atau mempekerjakan langsung warga desa, sehingga dapat meningkatkan  perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Alokasi anggaran program PKT menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020,” ujar Kepala Desa Bantarkaret, H. Hotib, kepada Jurnal Bogor, Kamis (14/5).

Dikatakan Hotib, pekerja PKT sasarannya adalah masyarakat yang menganggur agar dapat memiliki nilai tambah.” Puluhan warga kita ajak bekerja dalam proses pembukaan akses jalan desa, bertempat di Kampung Cadas Leueur menuju Kampung Bojongsari berdiameter 1500× 5 meter,” ujarnya.

Hotib yang akrab dipanggil H.Kate menyebutkan,  mengenai besaran upah yang diterima para pekerja, kata Hotib, telah diatur dalam nilai Harian Orang Kerja atau HOK yang disepakati. “Selain program PKT DD tahap pertama juga di gunakan untuk pengerjaan pengaspalan hotmix dan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT).

Menurutnya, di beberapa titik jalan desa berhotmix, diantaranya pengerjaan Jalan desa menuju Kampung Ciguha. ” Termasuk pengerjaan hotmix jalan desa jalur Kampung Gunung Dahu ditambah pembangunan TPT di Kampung Gunungdahu Kaler,” jelasya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles