Ratusan Warga Wates Jaya Terima KKS Bansos Pangan

0
70

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Raut bahagia terlihat di wajah ratusan warga di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, saat menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Kementerian Sosial RI akibat terkena dampak dari Virus Corona atau Covid 19.

Kepala Desa Wates Jaya, Rudi Irawan mengatakan, ratusan kartu sembako sejak pagi sudah disalurkan ke warga yang berhak menerimanya. Sehingga, dengan kartu ini warga bisa mendapatkan sembako senilai Rp200 ribu per bulan selama 9 bulan.

 “Uang itu, nantinya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong). Bisa juga di warung lain yang sudah menjalin kemitraan dengan Bank ditunjuk pemerintah,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (13/5).

Rudi menjelaskan, ada 313 warga Wates Jaya yang kurang mampu mendapat KKS dari Kemensos di tahun sekarang. Pembagian KKS Bansos pangan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

 “Penerima KKS ini bukan penerima bantuan sosial yang sudah ada, seperti PKH, BST, BPNT atau lainnya. Sehingga dapat kami pastikan tidak tumpang tindih,” tegasnya.

Perluasan jangkauan program bantuan sembako yang merupakan jaring pengaman sosial selama pandemi Covid-19, lanjut Rudi, dimaksudkan untuk meringankan beban pengeluaran rumah tangga miskin, terutama dalam mencukupi kebutuhan pangan. “Intinya, apa yang diberikan pemerintah ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga kami khususnya,” imbuhnya.

Sementara, Rani, salah seorang warga yang mendapat KKS mengaku senang. Karena, dengan kartu sembako itu dirinya bisa membantu kehidupan keluarga akibat suaminya diliburkan sementara dari pekerjaannya.

 “Alhamdulillah pak, saya gembira karena dapat kartu sembako yang selama ini diharapkan dan ditunggu- tunggu. Saya akan pergunakan sebaik mungkin sesuai kebutuhan keluarga,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here