33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Hardiknas, K3S Cileungsi Minta Pemerintah Tingkatkan Sarana Prasarana Pembelajaran Online

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Meski dalam situasi Pandemi Covid-19, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei tetap dilaksanakan di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Bogor, walaupun acara peringatan dilakukan dengan sistem online tetapi semua guru bisa menangkap pesan yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makariem, terhadap kemajuan dunia pendidikan Indonesia ditengah Pandemi Covid-19, Sabtu (2/5/20).

“Walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19, peringatan Hardiknas masih bisa kita rasakan walaupun diadakan dengan secara online. Tetapi setiap pesan yang disampaikan Mendikbud dengan tema Belajar dari Covid-19 seperti sekarang ini,” kata Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3S), Kecamatan Cileungsi, Iwan Setiawan.

Iwan yang juga menjabat sebagai Kepala Sokolah SD 06 Cileungsi ini mengatakan, ditengah situasi wabah seperti ini, para siswa harus belajar di rumah. Namun hal itu menjadikan para guru bisa lebih memperlajari bagaimana menyampaikan pembelajaran secara online. Walaupun belum bisa sepenuhnya diterapkan sesuai dengan ketentuan pembelajaran secara online.

“Sebelum adanya wabah ini, pembelajaran secara online memang tidak terlalu efektif dilakukan karena para siswa belajar di sekolah.Saat ditetapkannya pemerintah agar para murid belajar di rumah, pembelajaran secara online baru dilakukan akhirnya setiap guru harus memberikan materi pembelajaran dengan secara onlie dan itu menjadikan setiap guru untuk kedepannya sudah bisa memahami bagaimana mendidik murid walaupun tidak bertatapan muka,” katanya.

Iwan berpesan, kepada pengajar yang ada di Cileungsi khususnya agar tetap semangat memberikan pendidikan kepada murid walaupun secara online. Karena dalam pembelajaran itu tidak harus di kelas banyak alternatif pemberian pembelajaran kepada anak didik salah satunya dengan sistem online tersebut.

“Untuk itu, kami dari para kepala sekolah berharap kedepannya ada peningkatan dari pemerintah terkait sarana dan prasarana yang berbasis online untuk sekolah agar dijadikan program. Sesuai dengan efektivitas pembelajaran pada saat terjadi musibah seberti Covid-19 ini,” ujarnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles