Desa Cisarua Lakukan Inovasi, Rehabilitasi Sarana Olahraga dan Bangun 6 Titik MCK

0

Nanggung l Jurnal Bogor

Mendapat gelontoran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020, Pemerintah Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung melakukan peningkatan jalan desa di Kampung Budin, RW 07 dengan aspal hotmix sepanjang 737 meter dan lebar 2,5 meter. Pemdes juga membuat MCK sebanyak 6 titik di Kampung Citumbuk, Babakan Sawah, Cikapundung, Pongkor, Sipeureup dan Kampung Langkob Kidul.

“Upaya ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, juga membangun satu unit gedung posyandu bertempat di Kampung Babakan,” ujar Kepala Desa Cisarua, H. Ipit Idris kepada Jurnal Bogor, Minggu (3/5).

Selain itu kata Kades, juga membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di tiga titik, yakni di Kampung Parigi, Cikapundung dan Kampung Langkob. Menurutnya, Desa Cisarua terbagi 10 RW dengan 42 RT dan 3 Dusun, serta saling bersinergi  sesuai misi dengan sistematis  mandiri dan religius untuk menjalankan program desa melibatkan RT, RW dan tokoh masyarakat. “Dengan skala prioritas tidak tumpang  tindih pembangunan tanpa mengurangi kwalitas,” jelasnya.

H Ipid Idris yang akrab dipanggil H Lubis mengaku, saat ini pihaknya tengah fokus penataan sarana olahraga milik desa dengan dibangunnya drainase di areal Lapangan Legokkiara. Pengerjaan ini tentunya sebagai antisipasi adanya genangan air dan banjir disaat turun hujan. Dibangunnya drainase dengan panjang 733 meter, lanjut H. Lubis untuk memberikan kenyamanan bagi para pemakai dan bisa mengeringkan lapangan agar tidak terjadi genangan air bila terjadi hujan.

H. Lubis menerangkan, Desa Cisarua perlu penataan secara serius,  seperti pemerataan bangunan insfrastruktur jalan lingkungan  dan jalan desa berikut sarana keagaaman yang masih minus yang bisa di cover oleh Dana Desa. “Termasuk angka rumah tidak layah huni (Rutilahu) kategori masyarakat miskin data base terbilang masih sangat tinggi. Namun, bicara Rutilahu, bukan hanya di Desa Cisarua saja angka data basenya yang masih tinggi, ditambah masih sangat kurang bantuan yang bersumber dari  CSR PT.Antam untuk membangun Rutilahu tersebut,” paparnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here