Cara Warga Desa Batutulis Manfaatkan Sumber Air

0
43

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung mengntisipasi saat kemarau panjang dengan membangun kobak pemandian yang berlokasi di Kampung Pasirgintungbawah. Warga sekitar juga melakukan pembenahan dengan bergotong royong pengumpulan bahan material yang akan digunakan.

“Pengalokasian Dana Desa (DD) tahap pertama  2020 salah satunya untuk memanfaatkan sumber air dengan dilakukan pembenahan kobak  pemandian. Hal ini merupakan menjawab asprasi apa yang menjadi dasar kebutuhan masyarakat,” ujar Kepala Desa Batutulis, Ade Supriatna kepada wartawan, kemarin.

Tak hanya itu, kata dia,  sumber air kobak sebagai alternatif yang biasa digunakan hajat orang banyak. Mereka memanfaatkan air selain untuk mandi juga biasa dikonsumsi masyarakat,” tukasnya.

Musyawarah perencanaan pembangunan desa (MusrenbangDes) dilakukan sebelum dilakukan pembangunan, adapun progres untuk pembangunan kobak pemandian bisa diusulkan kembali. “Kami terus mendorong dan berkoordinasi dengan kepala desa apa yang inginkan  warga desa,” tandasnya.

Selain itu Erwin juga menjelaskan, saat ini dilakukan pengerjaan hotmix berstatus  jalan desa jalur antara Desa Batutulis dengan Desa Kalongsatu, Kecamatan Leuwisadeng, tepatnya di Kampung Pondok Bujang RT 01 RW 07 berdiameter 310× 2,3 meter dengan ketebalan 3 centimeter.

Sedangkan untuk pembangunan Tebing Penahan Tanah (TPT) juga dilaksanakan di wilayah RT 06, RW 01 Kampung Pasirgintung. “Diharapkan semua pembangunan infrastruktur dapat berjalan lancar dan terealisasi sesuai dengan target yang sudah ditentukan,” tukasnya.

“Kami harus mengetahui terkait kegiatan di wilayah desa dalam hal ini bersama para Ketua RT dan RW serta masyarakat harus memahami dan mengetahui juga  akses ini sangatlah penting guna menghubungkan desa dengan masyarakat,”  pungkas Erwin.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here