24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Mantap! Lahan Gapoktan di Lumbung Beras Banten Dipanen Mentan, Petani Tambah Semangat

Pandeglang | Jurnal Inspirasi

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan ) Karya Tani Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, mendapat suntikan semangat, karena secara tak disangka lahan 250 hektar milik mereka dipanen langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang.

“ Negara dalam keadaan tidak biasa, begitu juga Pandeglang. Negara butuh sebuah langkah dimana rakyat yang 267 juta, ke empat terbesar didunia, tercukupi pangannya. Untuk itu kita harus hadir mengawalnya, untuk memastikan pangan tersedia dengan baik “ ucap Mentan.

Mentan Syahrul datang bersama Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, yang menjadi Pembina Penanggungjawab Pendampingan Program Utama Kementan di Provinsi Banten.

Merujuk yang disampaikan Mentan, Dedi menuturkan pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi demi mencegah kelangkaan pangan akibat COVID-19. Salah satu yang menjadi prioritas saat ini adalah memastikan setiap aktivitas produksi dari hulu hingga hilir di sektor pertanian bakal terus berjalan tiada henti demi menjamin ketersediaan pangan selama pandemi.

Kunjungan Mentan ditengah suasana yang tak biasa mendapat respon posirif petani dan Penyuluh setempat. Terlebih Mentan datang tidak dengan tangan kosong tapi, dalam kunjungan tersebut Mentan juga membagikan bantuan benih, alsintan, dan bantuan lain sesuai dengan yang diajukan Pemda Pandeglang.Penyuluh dan Pemerintah Daerah.

“ Saat suasana ga biasa, dilanda Covid 19 kedatangan pak Menteri kami anggap sebagai bahkan memanen lahan kami, ini penghargaan bagi kami petani, ini menggembirakan kami, mudah – mudahan perhatian ke petani kedepan lebih lagi, “ ucap, Dadi Ahdi Ketua Gapoktan Karya Tani. Minggu (26/4).

Gapoktan Karya Tani adalah gabungan 18 kelompok tani yang ditanami padi varietas Ciherang dengan provitas 7 – 8 ton/hektar dibina Penyuluh Tri Karyadi. Sebagai PPL Ia berharap datangnya Mentan menjadi motivasi bagi petani dan penyuluh untuk terus bersemangat meningkatkan produksi.

Bupati Pandeglang Irma Narulita menyampaikan apresiasi atas kunjungan Mentan Syahrul. Ia menuturkan kunjungan ini menjadi motivasi bagi petani, penyuluh dan petugas lapangan serta jajaran Muspika Kabupaten yang dipimpinya sejak 2016.

“ Alhamdulillah Kabupaten Pandeglang dikunjungi Bapak Menteri, walaupun dalam keadaan tidak normal karena corona. Terimakasih atas support Kementan sehingga kami bisa terus berproduksi dengan teknologi yang sangat baik,” ujarnya.

Kata Irma,Kabupaten Pandeglang adalah lumbung pangan Provinsi Banten. Kabupaten ini menyumbang 35% produksi beras provinsi Banten dan 1% terhadap produksi nasional.

Bahkan menurut Irma, Pandeglang yang jaraknya 120 Km dari Jakarta ini siap menjadi sentra komoditas ekspor seperti manggis, melinjo produk kelapa dan komoditas lainnya. Masih di Pandeglang Mentan menyempatkan melihat penggilingan Padi/ Rice Miling Unit (RMU) swadaya di Desa Mekarsari yang berkapasitas giling 8 – 10 ton/hari.

RG/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles