Keinginan Warga Jalan Beraspal Akhirnya Terealisasi

0
40

Ciawi | Jurnal Bogor

Keinginan warga Kampung Ciaul, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, untuk memiliki akses jalan beraspal, akhirnya terealisasi. Sebab, Pemerintah Desa Cibedug, sedang melaksanakan pembangunan jalan yang sebelumnya milik kabupaten menjadi jalan desa, bersumber dari Dana Desa (DD) tahap satu tahun anggaran 2020.

 “Karena sudah lebih dulu diajukan pada tahun lalu dan sebelum ada peraturan terkait menggunakan anggaran DD untuk penanganan covid-19, akhirnya kami prioritaskan untuk pengaspalan jalan,” ujar Kepala Desa Cibedug, M Fadli kepada wartawan.

Pengaspalan Jalan Babakan-Ciaul sepanjang kurang lebih 2 km dengan lebar 3 meter tersebut, merupakan jalan kewenangan Kabupaten Bogor sebelum diserahkan ke desa pada tahun 2018 lalu. Mengingat jalan tersebut merupakan jalan akses utama warga, pihaknya prioritaskan pembangunannya di 2020 ini.  “Kami maksimalkan dengan anggaran hanya 500 juta sedangkan kami juga harus pikirkan untuk penanganan virus corona untuk warga,” papar Fadli.

Sementara ini, pihaknya mengandalkan dana pribadi dan swadaya masyarakat untuk setiap giat pencegahan virus seperti penyemprotan cairan disinfektan di tiap RW, pembagian masker dan pengadaan Termo Gun atau alat deteksi suhu tubuh.

Selain itu, pihaknya mengandalkan sisa pengaspalan jalan sebanyak kurang lebih 30 juta yang terbagi dua untuk Padat Karya Tunai (PKT) dan penanganan covid -19 di desa. “Sementara kami maksimalkan anggaran yang ada sambil menunggu DD tahap dua untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), warga terutama yang terdampak covid-19,” tukasnya.

Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here