Dongkrak Pendapatan Petani, Pemdes Wargajaya Buka Akses Jalan

0
227

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Wargajaya, Kecamatan Cigudeg  tengah fokus membuka akses jalan yang merupakan jalur penghubung di tiga kampung, diantaranya Kampung Babakan Cijapuh, Cianger Kaum dan Kampung Pasir Angin.

Pembangunan jalan hingga tembus ke wilayah pertanian  yang bersumber dari Dana Desa tahun 2020 berikut pengerjaan Jembatan diatas bentangan kali Cikasungka sepanjang 15 meter.” Setelah selesainya infrastruktur dibangun diharapkan dapat membantu peningkatan produktivitas dan mempermudah akses pertanian,” kata Kepala Desa Wargajaya, Eman Suryatman kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Tak hanya itu, sambung dia,  jalan itu pastinya sangat berkontribusi dan membantu meningkatkan pendapatan petani kemudian berdampak pada penurunan biaya produksi,” tukasnya.

Menurutnya, Karena kalau tidak ada dibuka infrastruktur tersebut, para petani akan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi karena tidak bisa dilalui kendaraan. Sebaliknya akses jalan telah dibuka tentu saja dapat menurunkan biaya, sehingga petani sangat diuntungkan,” terangnya.

Eman menuturkan, progresnya tahun 2001 nanti bahwa pengerjaan pembukaan jalan tersebut hingga betonisasi yang kemudian masuk dipeningkatan dengan cara di hotmix.” Bahwa pertamanya dibangun jalan tersebut adalah untuk mendukung pertanian dan mempermudah aktivitas warga.” ucapnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Anak Desa Wargajaya (Andeswar) Ucok Solahudin, pembukaan jalan tersebut dibangun sepanjang 2 kilo meter dan lebar 5 meter itu sekaligus pengembangan destinasi wisata dengan memanfaatkan sumber air dari pegunungan.

Menurutnya, kedepan setelah bangunan jalan rampung dan sudah bisa digunakan  pemanfaatnya sekaligus pengembangan wisata  di wilayah Curug Cianger dan Curug Geulis,” tuturnya.

Oleh sebabnya, kata Ucok, dengan adanya jalan yang memadai, tentu itu akan merangsang para pengunjung  dengan keberadaan destinasi wisata baru tersebut, ” kata dia.

Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here