Raih Good Mood Dengan Bunga, Hilangkan Stress Cegah Covid-19

0
119

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Pasien Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), bisa disembuhkan selain dengan pengobatan juga dengan daya tahan tubuh pasien yang kuat. Daya tahan tubuh yang kuat bisa diperoleh salah satunya dengan ketenangan pikiran, alias tidak stres.

“ Faktor psikis ternyata berperan besar dalam memberikan pengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang, artinya jika seseorang dalam kondisi psikis yang sehat maka akan berdampak besar pada kesehatan fisiknya bahkan bisa menghilangkan atau menyembuhkan penyakit fisik yang ada, dalam istilah bisa kita sebut dengan : Good Mood for Good Health, “ ujar Feri Haky, dokter Klinik Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) di ruang kerjanya, Rabu (8/4).

Banyak cara dalam meningkatkan mood seseorang, baik dengan makanan maupun dengan aroma terapy dari bunga-bunga tertentu. Bunga dapat dimanfaatkan sebagai aroma terapi yang bisa meningkatkan mood seseorang sehingga menjadi good mood yang bertahan lama sehingga merangsang bagian-bagian otak seperti sistem limbik yang mempengaruhi emosi seseorang.

Selain itu juga mempengaruhi hipotalamus menghasilkan senyawa-senyawa kimia seperti hormon serotonin yang merupakan hormon yang berhubungan dengan kesehatan mental yang dapat mengatur nafsu makan, kualitas tidur dan mood seseorang sehingga memberikan ketahahan yang adekuat dalam melawan serangan penyakit penyakit dari luar.

“ Berbagai macam bunga dapat dijadikan Aromaterapi yaitu minyak atsiri (essential oil) untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis. Bagian-bagian tanaman yang diolah menjadi minyak pun beragam, seperti akar, kulit, dan helai mahkota bunga,” jelasnya.

Dengan Mood yang baik, kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan imunitas tubuh yang bisa diharapkan dapat melawan serangan penyakit penyakit dari luar termasuk serangan wabah Virus Covid 19. Tak hanya essential oil, bunga segarpun dapat dimanfaatkan. Simpan bunga segar d iruangan.

“ Dengan memandang tanaman segar setiap hari, Anda bisa merasa lebih tenang. Nah, saat pikiran terasa lebih tenang, Anda pun dapat berpikir lebih baik dan bisa mempercepat kesembuhan, makanya orang membesuk yang sakit biasanya membawa bunga, “ungkapnya.

Lebih jauh Feri mengungkapkan lebih dari sekadar sugesti, ternyata memang ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tanaman hidup seperti bunga dapat memberikan efek positif secara psikologis dan fisiologis.

RG/PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here