Beri Andil Pencegahan Covid-19, P4S Agro Jaya Produksi Hand Sanitizer Organik

0
Tanaman lidah buaya yang dijadikan handsanitizer

Ciawi l Jurnal Inspirasi

Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Agro Jaya Desa Candisari, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang yang dikelola petani milenial Ahmad Izanudin Ali, memproduksi hand sanitizer sebagai bentuk dukungan pada percepatan penanganan COVID -19.  Ali mengatakan P4S Agro Jaya merasa terpanggil untuk meringankan kesulitan masyarakat akan sulitnya mendapatkan antiseptik pembersih tangan atau yang dikenal dengan hand sanitizer. 

 “  Sejak penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia meningkat dan masyarakat membutuhkan hand sanitizer, maka P4S Agro Jaya mulai merumuskan untuk membuat dengan bahan – bahan yang sudah ada, “ tutur Ali saat dihubungi Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) via telepon, Jum’at (3/4).

P4S yang awalnya merupakan Kelompok Tani ini selain mengelola pertanian juga bermain di produk yang dibutuhkan masyarakat seperti deterjen, pelembut dan pemutih cucian, pewangi, sabun cuci tangan, serta pembersih lantai parfum dan lain – lain.  

Dituturkan Ali, proses pembuatan hand sanitizer di P4Snya tergolong sederhana, yakni dengan mencampur daging aloe vera dengan bio ethanol, ditambah essence green tea sebagai pewangi, diblender dan kemudian disaring. ” Hand sanitizer yang kami buat organik terbuat dari bioethanol 91%, dari singkong dan aloe vera, “ ujar Ali.

Untuk memperoleh bahan baku P4S Agro Jaya menggandeng  petani sekitar, termasuk kelompok wanita tani. Diakui Ali karena keterbatasan bahan P4Snya hanya mampu memproduksi 100 liter per harinya. Hasil produksinya ini sudah menyebar selain diwilayah kabupaten Magelang dan Jawa Tengah juga dikirim ke berbagai wilayah seperti Papua, Kalimantan dan lain – lain.

Terkonfirmasinya Covid 19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil sejumlah langkah pencegahan penyebaran. Diantaranya merilis protokol pencegahan. Protokol ini bertujuan mencegah penularan virus Covid-19 serta untuk menjamin efektivitas kebijakan social distancing dalam upaya memutus penyebaran virus. Salah satu poin dalam protokol Kewaspadaan Pencegahan Covid 19 ini mencuci tangan dengan air dan sabun atau alcohol-based hand rub atau menggunakan hand sanitizer. Sejak itu hand sanitizer menjadi barang yang sangat dicari dan menjadi langka kalaupun tersedia harganya melonjak.

RG/PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here