29.5 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Dewan Siapkan Langkah Tanggap Darurat Wabah Corona

Bogor | Jurnal Inspirasi

DPRD Kota Bogor serius menyiapkan berbagai langkah tanggap darurat wabah corona. Di antaranya dengan melakukan dukungan kebijakan anggaran dan mendukung kerja Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor agar penangannya berjalan optimal.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, setelah memimpin Rapat Badan Musyawarah di Ruang Paripurna DPRD Kota Bogor, Selasa (31/3/2020). Menurutnya, berdasarkan hasil rapat di Badan Musyawarah (Banmus), dewan telah memutuskan langkah-langkah serius DPRD untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 dalam aksi tanggap corona.

“Ini sikap resmi yang diputuskan dalam Bamus, meskipun saat-saat sebelumnya pun kita sudah aktif turut membantu Pemkot dalam tanggap Covid-19 ini”, ungkap Atang kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Rapat yang dilaksanakan dengan protokol ketat social distancing tersebut diikuti oleh lebih dari dua pertiga anggota Banmus itu menyepakati beberapa langkah penting. Kebijakan kelembagaan yang diambil DPRD sesuai hasil rapat Banmus setidaknya memuat 3 hal pokok, yakni pengangaran, pengawasan, dan turut proaktif dalam mengimplementasikan kebijakan penanganan Covid-19.

“Pertama, DPRD memberikan dukungan penuh terhadap kebijakan anggaran penanganan Corona di Kota Bogor dengan tetap mengacu pada regulasi yang berlaku. Dukungan anggaran tersebut melalui dua bentuk, yaitu penggunaan dana BTT yang selama ini sudah kita sepakati dan revisi program Pemkot yang tidak terlalu prioritas”, jelas Atang.

Selain itu, dukungan anggaran lainnya adalah melalui revisi atau pergeseran anggaran di DPRD yang berasal dari anggaran perjalanan dinas, bimbingan teknis, makan minum, dan beberapa pos lain yang masih bisa ditunda.

“Kami menugaskan Sekwan untuk menyisir pos-pos tersebut. Kami menargetkan minimal Rp. 5 Miliar bisa dialihkan untuk tanggap Covid-19. Syukur kalau bisa lebih banyak lagi”, ungkap Atang.

Kedua, sambung Atang, DPRD menugaskan khusus Komisi IV untuk mengawal kebijakan dan sekaligus melakukan pengawasan atas implementasi kebijakan tangap corona. Baik terhadap kinerja Gugus Tugas Covid-19 maupun penggunaan anggaran di lapangan agar benar-benar optimal dan tidak terjadi penyelewengan.

“Kami ingin memastikan bahwa semua langkah dan kebijakan bisa terimplementasi dengan optimal sehingga penanganan corona ini bisa lebih cepat,” ungkapnya.

Sementara yang ketiga, kata Atang, dewan akan memberikan rumusan terkait skema program untuk warga terdampak ekonomi dengan adanya kebijakan social distancing.

“Kami ingin memastikan bahwa programnya sesuai kebutuhan masyarakat, tepat sasaran, dan tidak ada penyelewengan. Selain itu, anggota DPRD juga telah dan akan terus aktif dalam membantu implementasi program tanggap corona,” tandas politisi PKS ini.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles