24.6 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Kades Pantau Warga yang Baru Tiba dari Luar Kota

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19) ke pelosok desa, pemerintahan desa kini terus melakukan pemantauan terhadap warganya yang baru tiba dari luar kota. Setelah mereka tiba ke kampungnya, pihak desa melakukan pendataan yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh warga yang baru tiba tersebut. Untuk pemeriksaan suhu suhu tubuh, pihak desa berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

“Tidak perlu panik atau sikap yang berlebihan. Namun, kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona itu perlu dilakukan. Kita kini sedang mengawasi dan mendata warga yang baru datang dari luar Kabupaten Bogor. Setelah  di wilayah kita, mereka akan diperiksa suhu tubuhnya. Tugas pemeriksaan, kita sudah berkoordinasi bersama puskesmas Kecamatan Cisarua. Hingga saat ini kondisi kesehatan masyarakat masih aman dan terkendali,” ujar Kepala Desa Citeko, H. Sahrudin.

Sementara itu, langkah yang terus dilakukan untuk mencegah penyebaran covid 19, para Ketua RT selalu rutin melakukan penyemprotan di masing-masing lingkungannya. “Cairan untuk membasmi virus terus kita siapkan. Dan kita menugaskan kepada para Ketua RT untuk melakukan penyemprotan di masing masing wilayahnya,” imbuh H. Sahrudin.

Sementara yang terpantau di Kecamatan Cisarua dan Megamendung, aktivitas masyarakat masih normal.  Dua pasar tradisional, yakni pasar Cisarua dan pasar yang ada di Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung tetap berjalan. Hanya, kondisi pengunjungnya yang mengalami penurunan.

Hal ini karena adanya lockdown yang dilakukan oleh pemkab Bogor dengan melarang masuknya warga luar ke wilayah Puncak. Begitu juga hal yang sama dilakukan pemerintah Kabupaten Cianjur. Dengan kondisi ini, pantauan di lapangan, kondisi lalulintas di sepanjang jalan raya Puncak cukup lengang.

Dadang Supriatna

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles