Pasar Rakyat dan Modern Tetap Operasional

0
229

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Tidak sama halnya dengan mall, pasar rakyat dan modern tetap beropersional ditengah-tengah masih mengkhawatirkannya penyebaran Virus Corona di Kabupaten Bogor. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Nuradi mengatakan, semua pasar Modern dan Tradisional yang ada di Bumi Tegar Beriman akan tetap beroperasi, meski ditengah pandemi Virus Korona atau Covid-19 ini.

“24 pasar tradisional yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD Pasar Tohaga tetap beroperasi seperti biasa. Namun, protokol kesehatan kami kedepankan kepada para pedagang. Dengan menyiapkan hand sanitizer, sarung tangan karet juga kami imbau agar dipakai pedagang,” ujar Nuradi kepada Wartawan, kemarin.

Ia menambahkan, bahwa stok sembako sejauh ini dan diprediksi hingga ramadan masih cukup aman, meski ada beberapa komoditas mulai mengalami kenaikan harga. “Sementara harga sembako lainnya, cenderung stabil. Hanya gula pasir yang ikut mengalami kenaikan harga, dari pekan sebelumnya Rp14 ribu per kilogram, pekan ini menjadi Rp17 ribu per kilogram. Untuk komoditi lain, seperti cabe keriting justru alami penurunan harga dari pekan lalu Rp70 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu per kilogram pekan ini,” katanya.

Terpisah, Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan menerangkan, bahwa pihaknya tidak memberlakukan pembatasan jam operasional di pasar tradisional meski pemerintah memberlakukan kebijakan social distancing. “Operasional pasar tetap berjalan seperti biasa, pasar tidak bisa serta merta ditutup, pedagang juga sudah kami berikan hand sanitizer. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir ketika belanja di pasar,” papar Haris. 

Noverando H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here