Komisi IV DPR RI Kunjungi Bank Sampah Melati Bubulak

0
174

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kunjungan reses DPR RI dimanfaatkan Budhy Setiawan untuk meninjau langsung kegiatan Bank Sampah Melati di Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Sabtu (14/3/2020).  Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi IV DPR RI ini mendorong agar kehadiran bank sampah ini mendapat dukungan dari pemerintah.

“Kemandirian warga seperti ini sangat diapresiasi, dengan keterbatasan yang ada tetap berjalan mengelola bank sampah. Ini harus kita dukung bersama”, ujar Budhy dalam rilisnya, Sabtu (14/3).

Ia pun berjanji untuk mendorong program bantuan pemerintah terkait. Salah satunya dengan bantuan motor roda tiga untuk mengangkut sampah.

Acan pun menyampaikan bahwa sejak berdiri tahun 2015, belum ada bantuan dari pemerintah atau dinas terkait kecuali bantuan buku tabungan. “Kami mulai dari tahun 2015, berawal dari swadaya masyarakat. Bantuan pun hanya berupa buku tabungan”, kata Acan yang juga menjadi Ketua RT 02/ RW 11.

Padahal, tandas Acan, ada banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat, terutama pemuda di daerah ini dengan adanya bank sampah. Ada pembuatan pupuk cair organik, kerajian tangan, hingga perabotan berbahan baku sampah plastik. “Tujuan kami untuk membangun kesadaran lingkungan di antara warga, terutama agar masyarakat tidak membuang sampah lagi ke sungai,” pungkas Acan.

Kelurahan Cibadak Harapkan Jadi Pusat Budidaya Nanas Bogor

Pada kunjungan reses di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal itu, warga juga berharap agar Budidaya Nanas Bogor dapat dikembangkan kembali. “Di Bogor ada komoditas yang terkenal antara lain talas bogor dan nanas bogor, namun saat ini sudah susah dicari”, kata Uay Setiawan, Lurah Cibadak kemarin.

Uay mengatakan bahwa ia ingin mengembangkan kembali budidaya nanas untuk sekelurahan Cibadak. Baik di lahan tanah secara langsung maupun secara hidroponik dengan menggunakan pot, karena lahan sudah semakin menyempit karena areal pemukiman. Dengan begitu ia berharap Cibadak dapat kembali menjadi sentra budidaya nanas.

Aspirasi ini mendapat sambutan positif dari Budhy Setiawan. Selaku anggota DPR RI yang berada di Komisi IV, ia bertugas membidangi soal pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan lingkungan hidup. “Saya menerima aspirasi bapak dan ibu sekalian, untuk kemudian saya sampaikan dalam rapat dan tindak lanjut dengan kementerian terkait”, kata Budhy. Dilahirkan dan dibesarkan di Kota Bogor, kecintaan terhadap daerah kelahiran membuatnya ingin berjuang untuk kemajuan Kota Bogor. Terutamanya soal sektor pertanian yang merupakan bidang kerja Komisi IV DPR RI. Oleh karenanya, jika ada masyarakat yang ingin memajukan pertanian. Ia akan dengan senang hati membantu. “Ada posko aspirasi saya di Paledang, jika ingin berkunjung dan konsultasi kami sangat terbuka”, tandas Budhy.

Asep Saepudin Sayyev |*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here