Bogor Negatif Corona

0
Dedie A Rachim

Bogor, Jurnal Inspirasi

Salah seorang warga Kota Bogor dievakuasi ke RSPI Sulianti Saroso Jakarta karena diduga terpapar virus Corona. Pemuda berusia 17 tahun yang merupakan seorang mahasiswa itu baru kembali dari Nanjing, China. Namun Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim memastikan warga Bogor yang identitasnya dirahasiakan itu negatif Corona.

“Suspect telah dirujuk ke RSPI Sulianti Suroso, dan setelah diobservasi dinyatakan negatif,” ujar Dedie saat dikonfirmasi Jurnal Bogor, Kamis (5/3).

Dedie mengatakan, saat ini Pemkot Bogor fokus terhadap kesiapan petugas medis, peralatan dan fasilitas untuk menghadapi ancaman virus Covid-19. “Khususnya untuk RSUD Kota Bogor. Kami harus mengantisipasi berbagai kemungkinan,” katanya.

Dedie menyatakan bahwa secara tehnis RSUD Kota Bogor siap menghadapi virus Corona. “Secara tehnis memang demikian. RSUD sudah siap,” tegasnya.

Menurut dia, sejauh ini Pemkot Bogor belum mendapatkan info terbaru terkait adanya waega Kota Hujan yang baru kembali dari negara yang terjangkit virus Corona. “Sejauh ini belum ada info baru terkait hal ini,” ucapnya.

Sebelumnya Walikota Bima Arya Sugiarto mengimbau masyarakat Kota Bogor menyikapi penyebaran virus Corona dengan proposional dan tidak berlebihan. Namun, tetap memprioritaskan kewaspadaan dan kesiagaan. “Lurah, Camat, Puskesmas harus siaga semua memonitor setiap laporan warga. Jadi pasien yang datang pasien yang ngeluh itu disikapi dengan waspada tinggi. Bgitu panas, begitu batuk protap berjalan,” katanya.

Ia juga meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan pengecekan kesiapsiagaan secara rutin. Kata Bima, apabila ada warga yang terindikasi Corvid-19, tidak boleh datang sendiri untuk memeriksakan diri. “Harus dijemput, dan dikoordinasikan. Ada gugus tugas khusus ada hotline ada layanan gawat darurat dari Dinkes. Di Bogor memang tak ada rumah sakit rujukan Corona. Tetapi untuk observasi disiapkan di setiap rumah sakit dengan protap aturan dari Dinkes,” ucapnya.

Kata dia, pola hidup sehat cuci tangan dan menjaga kebersihan merupakan langkah untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here