Isolasi RSUD Dijadikan Inkubasi Covid-19

0
126

Cibinong, Jurnal Inspirasi

Guna mengantisipasi adanya pasien yang terjangkit virus corana, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor akan memanfaatkan ruang isolasi penyakit menular di empat rumah sakit umum daerah (RSUD) menjadi ruang inkubasi pasien terjangkit covid-19.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, pihaknya telah sedia payung sebelum hujan menghadapi penyakit menular yang melanda internasional.

“Kami memang belum punya ruangan inkubasi pasien yang terjangkit virus corona, paling kami akan memanfaatkan ruang isolasi penyakit menular,” ujar Ade Yasin kepada Wartawan, Selasa (3/3).

Ia menjelaskan, guna penangganan penyebaran virus corona itu Pemkab Bogor berfungsi sebagai pendeteksi dini. Jika pasien tersebut positif terjangkit virus corona, maka pihaknya akan merujuk ke Rumah Saki Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso Jakarta.

“Dinas Kesehatan atau RSUD hanya melakukan pendeteksian dini dan inkubasi pasien yang diduga terjangkit virus corona, jika pasien tersebut benar – benar positif terjangkit virus menular tersebut maka akab di rujuk ke RSPI Sulianti Suroso atau rumah sakit rujukan lainnya,” katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini menerangkan, dirinya sudah memerintahkan Dinas Kesehatan dan jajarannya untuk geeak cepat menjemput bola bagi pasien yang diduga terjangkit virus corona.

“Dinas Kesehatan jika ada pasien yang diduga terjangkit virus corona itu harus gerak cepat menjemput pasien tersebut, jangan sampai mereka menunggu penyakit virus corona ini menyebar ke yang lainnya dahulu,” tegasnya

Politisi PPP ini juga meminta masyarakat jangan panik, tetap berkegiatan seperti biasa dan ada panic buying memborong masker, bahan baku makanan atau lainnya.

“Saya minta atau imbau agar masyarakat Bumi Tegar Beriman tidak panik apalagi sampai memborong masker, bahan baku makanan dan lainnya hingga mereka tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti menonton bola itu masih kami bolehkan,” pintanya.

Sementara itu, Kasi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana menjelaskan untuk mencegah masyarakat terjangkit virus corona maka harus melaksanakan pola hidup bersih sehat (PHBS).

“Selain peggunaan masker bagi orang yang sakit atau terjangkit virus corona, cara efektif lainnya agar kami tidak tertulas virus cukup mematikan ini adalah dengan menerapkan PHBS dan menjaga tubuh agar tetap fit agar tubuh kita imun atau bisa melawan virus corona ini,” tandasnya. 

Noverando H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here