Sepekan Bogor Diguyur Hujan, Katulampa Normal

0
Bendungan Katulampa

Bogor, Jurnal Inspirasi

Setelah sepekan Bogor diguyur hujan tepatnya pada 22- 27 Februari 2020, debit air di bendungan Katulampa Bogor tetap berada di siaga empat. Kenaikan sempat terjadi 23 Februari menjadi status siaga tiga dengan ketinggian debit air sekitar 100 centimeter.

“Adapun fenomena Jakarta banjir kemarin itu kemungkinan bukan air kiriman dari Bogor karena di Jakarta sudah terjadi hujan lokal terlebih dahulu dan kondisi laut sedang pasang,” ujar Andi Sudirman selaku koordinator bendungan Katulampa Bogor, Kamis (27/2).

Andi menjelaskan bahwa yang dapat menyebabkan debit air di bendungan Katulampa Bogor dapat meningkat adalah hujan dari daerah hulu atau biasanya dari sekitar kawasan Puncak, Bogor. “Kalau yang tanggal 23 Februari kemarin peningkatan debit air di bendungan Katulampa sini karena kawasan Puncak diguyur hujan yang cukup deras dan juga lama sehingga debit air meningkat ke siaga tiga,” ujarnya.

Walaupun berada di siaga empat dan tiga, Andi mengimbau agar warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung untuk tetap waspada dan siaga terhadap air kiriman dari Katulampa. “Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk tetap waspada dan siaga karena sedang masuk musim hujan, dan puncaknya biasanya hingga akhir Februari atau sekitar awal Maret itu harus kita waspadai,” ujarnya.

Sedangkan yang ia khawatirkan adalah jika terjadi hujan merata di Bogor, Depok, dan Jakarta dan kondisi laut yang sedang pasang dapat mengakibatkan banjir di berbagai wilayah.

Mochamad Iman Fajar Subqhi | MG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here