Sekolah Terdampak Bencana Alam Tunggu ABT

0
163
Entis Sutisna

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor akan mengajukan anggaran pembangunan sekolah terdapak bencana alam di wilayah Bogor Barat pada Anggaran Biaya Tambahan (ABT) di perubahan anggaran tahun 2020.

Kepala Disdik Kabupaten Bogor, Entis Sutisna mengatakan, pihaknya akan membangun sarana pendidikan untuk korban terdampak bencana alam di wilayah barat Kabupaten Bogor.

“Ini sudah pasca bencana makanya anggaran sarana dan prasarana pendidikan SDN dan SMPN terdampak bencana kemarin itu nanti masuk dalam ABT perubahan APBD 2020,” ujar Entis kepada Jurnal Bogor, Senin (17/2).

Ia menerangkan, pihaknya juga masih menunggu kepastian tempat relokasi korban terdampak bencana yang akan dibangun hunian tetap (Huntap).

“Untuk yang relokasi, kami nunggu penduduk dulu akan dipindahkan kemana. Jadi nanti pemerintah daerah akan membangun Huntap plus sarana pendidikan, jika memang hunian baru warga namti jauh dari sekolahan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga melakukan pemindahan satu sekolah yang terdampak bencana di wilayah Kecamatan Nangung.

“Kalau SDN Ranca Bakti di Nanggung itu perlu relokasi. Kami masih menunggu usulan lokasi dari pihak kecamatan untuk relokasi sekolah tersebut, yang penting kontur tanahnya aman dari bencana. Untuk anggarannya juga kami akan masukan pada perubahan anggaran nanti, tapi fisik bangunan sekolahnya itu APBD tahun depan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, pihaknya telah mengintruksikan untuk para korban terdampak bencana itu dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada umumnya.

“Untuk sementara kalau di sekitar relokasi ada sekolah terdekat maka warga terdampak bencana itu dapat melakukan kegiatan belajar mengajar di tempat itu. Masuk belajarnya sesuai tingkatan dan kelasnya di masing-masing sekolah terdekat walaupun secara administrasi terdaftar di sekolah induk,” paparnya.

Novernado H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here